1. Tujuan
Praktikum ini bertujuan untuk mengenal teknik 3D modeling yaitu Polygon Modeling.
2. Alat
Cinema 4D R16
3. Bahan
tanpa bahan
4. Dasar Teori
- Polygonal Modeling, merupakan modeling yang terdiri dari vertices(vertex/titik), yang jika disambungkan akan membentuk sebuah edge(garis), sehingga jika disambungkan dengan edge lain dapat membentuk sebuah face (bidang). Bidang yang dibentuk oleh vertex, edges maupun face ini salah satunya adalah primitive objek yang juga termasuk dalam teknik pemodelan.
- Subdivision Surface merupakan teknik yang pertama dikenalkan oleh Ed Catmull dan Clark dari Pixar pada tahun 1978. Awalnya teknik ini hanya digunakan untuk merepresentasikan bidang yang halus, namun belakangan dimanfaatkan bersamaan dengan teknik yang bernama sculpting (pahat), sehingga memungkinkan seseorang memahat objek 3D dalam bentuk digital.
- Smooth Shift adalah tools yang digunakan untuk memperhalus sebuah objek.kegunaan Smooth Shift adalah ketika kita belum mengaktifkan subdivision Surface kita akan tetap mendapatkan permukaan yang tetap kaku, namun ketika subdivision surface kita aktifkan maka kita akan mendapatkan permukaan yang tidak seratus persen kaku, ada beberapa bagian yang smooth.
5. Tugas Praktikum
Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan
6. Petunjuk Praktikum
1. Target Aset yang akan dibuat
2. Membuat bentuk polygon dasar
3. Memperhalus bentuk menggunakan subdivision surface
7. Hasil Praktikum
1. Membuat polygon dasar
2. Memperhalus bentuk menggunakan subdivision surface
8. Kesimpulan
kesimpulan pada partikum kali ini adalah, dari sebuah objek primitif kita dapat membuat sebuah object yang baru dengan teknik polygon modeling. kesulitan yang dihadapi adalah ketika pada saat akan membentuk polygon dasar ada salah satu effect yang yang tidak mengefek pada objek. kemudian yang dilakukan adalah mengulagi dari awal hingga bisa berhasil.
0 komentar:
Posting Komentar