Rabu, 04 Mei 2016

Prak 09 – Membuat Aset Sekunder (Capsule)

1. Tujuan

Praktikum ini bertujuan untuk mengenal teknik 3D modeling yaitu Polygon Modeling.

2. Alat

Cinema 4D R16

3. Bahan

tanpa bahan

4. Dasar Teori

  1. Polygonal Modeling, merupakan modeling yang terdiri dari vertices(vertex/titik), yang jika disambungkan akan membentuk sebuah edge(garis), sehingga jika disambungkan dengan edge lain dapat membentuk sebuah face (bidang). Bidang yang dibentuk oleh vertexedges maupun face ini salah satunya adalah primitive objek yang juga termasuk dalam teknik pemodelan. 

  2. Subdivision Surface merupakan teknik yang pertama dikenalkan oleh Ed Catmull dan Clark dari Pixar pada tahun 1978. Awalnya teknik ini hanya digunakan untuk merepresentasikan bidang yang halus, namun belakangan dimanfaatkan bersamaan dengan teknik yang bernama sculpting (pahat), sehingga memungkinkan seseorang memahat objek 3D dalam bentuk digital.
  3. Smooth Shift adalah tools yang digunakan untuk memperhalus sebuah objek.kegunaan Smooth Shift adalah ketika kita belum mengaktifkan subdivision Surface kita akan tetap mendapatkan permukaan yang tetap kaku, namun ketika subdivision surface kita aktifkan maka kita akan mendapatkan permukaan yang tidak seratus persen kaku, ada beberapa bagian yang smooth. 

5. Tugas Praktikum

Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan

6. Petunjuk Praktikum

1. Target Aset yang akan dibuat

2. Membuat bentuk polygon dasar

3. Memperhalus bentuk menggunakan subdivision surface

7. Hasil Praktikum

1. Membuat polygon dasar


2. Memperhalus bentuk menggunakan subdivision surface


8. Kesimpulan

kesimpulan pada partikum kali ini adalah, dari sebuah objek primitif kita dapat membuat sebuah object yang baru dengan teknik polygon modeling. kesulitan yang dihadapi adalah ketika pada saat akan membentuk polygon dasar ada salah satu effect yang  yang tidak mengefek pada objek. kemudian yang dilakukan adalah mengulagi dari awal hingga bisa berhasil.

9. Referensi

0 komentar:

Posting Komentar

 
RUN AWAY Blogger Template by Ipietoon Blogger Template