Rabu, 20 April 2016

Prak 08 – Membuat Material Mirip Lampu Stadion

1. Tujuan

Praktikum ini bertujuan untuk mengenal contoh pembuatan material yang bersifat spesifik dalam hal ini adalah sebuah material yang terlihat seperti lampu stadion.

2. Alat

Cinema 4D R16

3. Bahan

tanpa bahan

4. Dasar Teori

Bump maps adalah maps yang memfokuskan permukaan tekstur pada objek, dengan menggunakan maps ini, permukaan geometri/objek akan terlihat berbeda dan unik, tidak seperti objek-objek yang memiliki permukaan normal pada umumnya. Rumus pekerjaan dari maps ini akan menerapkan bidang untuk intensitas dalam maps yang menunjukkan tingkat rendah tingginya suatu permukaan objek, fungsi maps ini akan mengacaukan permukaan objek yang normal, sehingga menimbulkan kesan unik ketika hasilnya sudah di-render.
Channel Colour berfungsi untuk mengubah/mengatur warna untuk material sehingga dapat di terapkan pada objek dan kemudian objek dapat memiliki warna.
Channel Reflectance berfungsi untuk mengatur dan mengubah refleksi dari suatu material sehingga tampak realistik.
Channel Luminance adalah ukuran fotometri dari intensitas cahaya per satuan luas dari perjalanan cahaya dalam suatu arah tertentu. Ini menggambarkan jumlah cahaya yang melewati atau dipancarkan dari daerah tertentu, dan jatuh dalam sudut ruang yang diberikan. Satuan SI untuk pencahayaan adalah candela per meter persegi (cd/m2). Sebuah istilah non-SI untuk unit yang sama adalah "nit". Unit CGS dari pencahayaan adalah stilb, yang sama dengan satu sentimeter per candela persegi atau 10 kcd/m2.


5. Tugas Praktikum
Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan

6. Petunjuk Praktikum

Membuat material mirip lampu stadion

7. Hasil Praktikum



8. Kesimpulan

Tidak banyak kesulitan yang saya hadapi. namun dengan praktikum ini, saya menjadi bisa untuk menambahkan material seperti lampu stadiun.

9. Referensi

0 komentar:

Posting Komentar

 
RUN AWAY Blogger Template by Ipietoon Blogger Template