Tujuan
Menerapkan walk cycle pada sebuah karakter yang populer dengan bantuan Tween.Alat
Adobe Flash Professional CS3+Bahan
Gambar referensi berisi salah satu karakter animasi yang populer misalnya naruto.Dasar Teori
Secara prinsip, ada minimal 4 konsep yang perlu dipenuhi, antara lain:- Pose
(tambahkan penjelasan tentang Pose) - Timing
(tambahkan penjelasan tentang Timing) - Inbetween
(tambahkan penjelasan tentang inbetween) - Arcs
(tambahkan penjelasan tentang Arcs)
(tambahkan contoh penggunaan tween untuk mengerakkan sebuah kotak)
Tugas Praktikum
Buatlah walk cycle dari naruto dengan menggunakan bantuan Classic TweenPetunjuk Praktikum
Berikut adalah langkah-langkah membuat walk cycle untuk kaki:- Pecah kaki naruto menjadi 4 Graphic Symbol yang mewakili kaki bagian atas dan bawah untuk bagian kiri dan kanan
- Gunakan symbol tersebut untuk membuat contact position pada frame ke 1
- Gunakan transform tool (Q) untuk mengatur pivot dari masing-masing symbol. Dimana pivot kaki bagian atas terletak pada pinggul dan pivot kaki bagian bawah terletak pada lutut
- Buat keyframe (F6) pada frame ke 9. Buat contact position kebalikan dari frame ke 1
- Copy contact position pada frame 1 ke frame ke 17
- Klik kanan pada timeline diantara frame 1 dan 9 kemudian pilih menu “Create Classic Tween”
- Klik kanan pada timeline diantara frame 9 dan 17 kemudian pilih menu “Create Classic Tween”
- Uji animasi yang dibuat dengan menekan tombol Ctrl+Enter. Jika menghasilkan animasi kaki sliding seperti di danau es, maka lanjutkan ke langkah berikutnya. Jika tidak, perbaiki dulu animasinya.
- Buat keyframe (F6) pada frame ke 5 dan 13. Buatlah passing position pada frame tersebut.
- Jika semua berjalan lancar, maka akan diperoleh good enough walk cycle.
Hasil Praktikum
Kesimpulan
membuat walk cycle dengan menggunakan teknik tween akan lebih mudah dari pada menggunakan frame by frame
0 komentar:
Posting Komentar