Kamis, 26 November 2015

PRAK-12 MAKE MOTION LOGO



1. Tujuan

Memantapkan kemampuan mahasiswa dalam membuat sebuah animasi melalui adobe flash dengan membuat sebuah animasi motion logo dengan menggunakan teknik Shape Tween.

2. Alat

Adobe Flash Professional CS3+

3. Bahan

_Tidak Ada_

4. Dasar Teori

Shape Tween
Shape tween merupakan salah satu teknik dalam animasi flash yaitu perubahan bentuk dari suatu objek ke objek lain. Jika dalam Classic Tween tidak ada perubahan bentuk objek yang kita animasikan, maka dalam Shape Tween objek yang akan kita animasikan dapat berubah bentuknya. Misalnya kita ingin merubah bentuk objek persegi empat menjadi bentuk bintang, maka kita dapat menggunakan Shape Tween.
Dalam teknik Shape Tween kita perlu mengganti objek pertama dengan objek kedua ke posisi yang berbeda.

Jadi, setelah kita membuat objek pada posisi A, tambahkan keyframe ke frame yang kita inginkan. Di frame terkahir tersebut, hapus objek pertama dan kita ganti dengan objek berbentuk lain ke posisi yang berbeda. Misalnya dari objek lingkaran di pojok atas, dirubah menjadi objek bintang ke pojok bawah.
Setelah itu, seleksi semua frame atau double klik frame, kemudia klik kanan tombol mouse dan pilih Create Shape Tween.
Untuk melihat hasilnya, tekan tombol Ctrl + Enter pada keyboard.
Selamat Mencoba!!!


5. Tugas Praktikum

Buatlah sebuah logo motion dengan menggunakan teknik masking

6. Petunjuk Praktikum

Mulailah dari menggambar atau istilahnya men-tracing gambar dari logo yang akan kita buat motion logonya. dalam praktikum kali ini saya memakai logo dari medsos yang sedang terkenal saat ini, yaitu instagram, path dan twitter. setelah membuat tracingan logonya, tinggal melakukan teknik shape tween yang telah dipelajari sebelumnya.

7. Hasil Praktikum

 

8. Kesimpulan

Untuk membuat sebuah animasi motion tween di flash, kita harus mengetahui terlebih dahulu teknik dasar flash. yakni shape tween. karena hal ini dapat menunjang kemudahan dalam membuat animasi dari pembuatan animasi motion logo tersebut.

9. Referensi



 

0 komentar:

Posting Komentar

 
RUN AWAY Blogger Template by Ipietoon Blogger Template