Rabu, 02 Maret 2016

Prak 01 – Logo 3D 360 (Turn Table Animation)

1. Tujuan

Perkenalan dengan dunia 3D melalui pembuatan animasi object berputar 360 derajat atau disebut juga turn table animation.

2. Alat

Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Time Lapse Assembler

3. Bahan

Logo Apple. (Dapat di download di google)

4. Dasar Teori

Animasi adalah acara televisi yang berbentuk rangkaian lukisan atau gambar yang digerakkan secara mekanik elektronis sehingga tampak di layar menjadi bergerak. Animasi bisa diartikan sebagai kumpulan gambar-gambar yang terangkai satu sama lain dan digerakkan secara cepat sehingga seolah-olah terlihat bergerak.
Animasi pertamakali diciptakan dengan gambar hitam putih dan tidak bersuara. Tokoh yang berperan penting dalam dunia animasi adalah Walt Disney yang juga menciptakan animasi berwarna dan bersuara untuk pertamakalinya. Walt Disney juga melahirkan tokoh-tokoh animasi yang fenomenal seperti Micky Mouse, Donald Duck, Pinocio, Snow White, dan sebagainya.
Pada perkembangannya, animasi bisa dibedakan menjadi 2 macam yaitu animasi 2D dan animasi 3D. Perbedaan dari animasi 2D dan 3D adalah dilihat dari sudut pandangnya. Animasi 2D menggunakan koordinat x dan y, sedangkan animasi 3D menggunakan koordinat x, y dan z yang memungkinkan kia dapat melihat sudut pandang objek secara nyata dan seolah-olah memiliki volume.
Pada praktikum kali ini, kita juga memakai teknik Tracing. Tracing berasal dari kata trace, yang bermaksud menelusuri atau penelusuran. Dalam Grafis, Tracing bermakna menggambar dengan memakai acuan atau patrun. Bila disederhanakan berarti menjiplak gambar, adapula yang mendifinisikan tracing sebagai proses perubahan format gamabr menjadi vector biasa.
Sebenarnya ada perbedaan yang sangat terasa katika kita membuat sebuah animasi menggunakan adobe flash dengan cinema4D, salah satunya adalah ketika kita membuat sebuah menggunakan flash kita hanya dapat membuat animasi 2D saja tanpa dapat animasi 3D, namun kita dapat membuat Animani  3D menggunakan C4D. pada Adobe Flash, objek yang dianimasikan tidak memiliki ketebalan dan tidak dapat diputar 360 derajatkarena pada Adobe Flash hanya memiliki sumbu X dan Y. Sedangkan pada Cinema 4D, objek yang akan dianimasikan dapat diputar 360 derajat pada sumbu X dan telah dilengkapi juga dengan beberapa fitur yang dapat mengatur tingkat ketebalan objek. Serta pada Cinema 4D, objek dapat diatur model lightingnya sehingga kesan 3D dari objek lebih terlihat.
5. Tugas Praktikum

Buatlah animasi 360 dari logo favorit kalian

6. Petunjuk Praktikum

Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum
1. Tracing Logo menggunakan illustrator

2. Membuat logo 3D menggunakan Cinema 4D dari file illustrator

3. Membuat animasi 360 derajat

4. Merender animasi ke dalam file movie (mp4)

7. Hasil Praktikum


8. Kesimpulan

Dengan adanya praktikum animasi 3D ini, dapat membuat saya lebih lagi mengenal apa itu animasi 3D beserta perbedaan antara animasi 2D dan 3D. kita dapat menghasilkan animasi 3D pertama saya. Membuat saya menjadi tau bagaimana cara membuat sebuah animasi 3D.
pertama hal yang dilakukan adalah mentracing logo dengan adobe ilustrator kemudian meng-save nya dengan format illustrator 8. kemudian memindahkannya di C4D untuk dijadikan animasi 3d dan diputar 360 derajat. kesulitan yang dihadapi adalah ketika ingin merender hasil kerja namun hasil kerja saya tidak dapat terender karena ada render setting yang salah.

9. Referensi

0 komentar:

Posting Komentar

 
RUN AWAY Blogger Template by Ipietoon Blogger Template