Selasa, 15 Maret 2016

Prak 02 – Camera Path, Lighting, and Material





1. Tujuan


Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting, Material. Camera path diimplementasikan menggunakan spline. Lighting menggunakan Physical Sky dan Area Light.

2. Alat

Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Time Lapse Assembler

3. Bahan


4. Dasar Teori

Perbedaan antara motion guide pada flash dengan camera path pada cinema4D, selain perbedaannya da pada software yang "menaungi" keduanya, yakni bila motion guide pada software flash (software animasi 2D), maka camera path berada pada software animasi 3D (cinema 4D). perbedaannya yang selanjutnya adalah motion guide hanya mengikuti tanpa mengubah tampilan akan tampak mendekat atau menjauh atau memutar sekalipun. sebaliknya pada cimena4D, camera path adalah pergerakan kamera yang mengikuti garis yang telah dibuat. Jadi kita dapat melihat tampilan seolah-olah bergerak/seolah layar bergerak menjauh/mendekat/memutar objek.
selanjutnya yang akan dibahas adalah perbedaan antara Physical Sky dengan Area Light. jika pada Physical Sky background nya yang akan mempunyai warna sesuai dengan warna langit sesuai dengan jam berapa yang diinginkan, lain pula dengan Area light. Area Light hanya menyinari bagian yang kita inginkan saja. kita dapat menempatkan Area Light sesuai dengan keinginan kita. maka Area light akan menyinari area tersebut saja. jadi tidak menyeluruh seperti Physical Sky.
Material digunakan ketika kita ingin memberi warna dan memberi kesan seakan objek kita memiliki tekstur. cintohnya ketika kita membuat sebuah logo bulat kita dapat menggunakan material Danel agar objek kita tampak bulat total dan mengkilat serta memberikan efek pantulan yang tepat pada objek bulat tersebut.

5. Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, tambahkan:
  1. Pergerakan kamera menggunakan teknik camera path
  2. Lighting sederhana dan mudah menggunakan Physical Sky dan Area Light

6. Petunjuk Praktikum

Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum

1. Pergerakan camera menggunakan Camera Path, lebih spesifik lagi disebut dengan spline.

2. Menambahkan Lighting menggunakan Physical Sky

3. Menambahkan Lighting menggunakan Area Light

4. Menambahkan Material

7. Hasil Praktikum



8. Kesimpulan

Pada praktikum kali ini saya belajar cara bagaimana logo yang saya buat pada praktikum minggu kemarin ditambah efek camera. saya sempat sedikit kesulitan saat akan menambahkan efek camera tersebut, karna saya salah saat penempatan logo. sehingga camera saya tidak menghadap logo dengan tepat. karena sebagian salah maka saya membuat dari awal lagi penempatan logo sampai penambahan camera, dan akhirnya saya berhasil menambahkan efek camera dengan benar. 

9. Referensi


0 komentar:

Posting Komentar

 
RUN AWAY Blogger Template by Ipietoon Blogger Template