Selasa, 29 Maret 2016

Prak 04 – Camera Depth, Multi Pass Render, dan Compositing using AE

                    1. Tujuan

                                      Pada praktikum ini, mahasiswa diajak untuk ngincip dikit                                                 tentang Compositing          menggunakan After Effects. Dimulai                                        dengan Render Setting di C4D kemudian            dilanjut pada                                            kegiatan compositing di AE.

                    2. Alat

                                  Maxon Cinema 4D R16

                                 Adobe After Effects CC 2015

                  3. Bahan

                                hasil praktikum sebelumnya

                  4. Dasar Teori

          1. Depth of Field (DOF) adalah jarak antara benda-benda terdekat dan terjauh dalam sebuah latar (dalam hal ini sebuah foto) yang bisa diterima ketajaman gambarnya – suatu zona yang bisa diterima ketajaman gambarnya. Meskipun suatu lensa hanya bisa fokus pada satu jarak tertentu, penurunan ketajaman yang terjadi                   adalah secara bertahap pada sisi depan dan belakangnya. Oleh karena itu, ketidaktajaman yang terjadi tidak begitu terlihat dalam kondisi normal.
          2. Multi Pass Rendering
          3. Multipass render adalah teknik yang banyak digunakan dalam industri CGI profesional, dan telah menjadi lebih dan lebih umum digunakan dalam komunitas grafis umum. Multipass render memiliki banyak keunggulan dibandingkan single pass rendering, yang memungkinkan lebih banyak kontrol atas setiap elemen dari adegan, kontrol yang lebih baik atas tampilan akhir adegan, dan membuat tweaker dan menyesuaikan gambar akhir atau animasi lebih mudah dan lebih sedikit waktu mengkonsumsi rendering adegan sekaligus dan harus kembali membuat seluruh menyesuaikan rincian kecil atau melakukan perubahan.
          4.  Depth of Field
          5. Dalam optik , terutama yang berkaitan dengan film dan fotografi, depth of field (DOF), juga disebut rentang fokus atau rentang fokus yang efektif, adalah jarak antara benda terdekat dan terjauh dalam sebuah adegan yang muncul diterima tajam dalam foto. Meskipun lensa justru bisa fokus hanya pada satu jarak pada suatu waktu, penurunan ketajaman bertahap pada setiap sisi jarak fokus, sehingga dalam DOF, unsharpness ini tak terlihat di bawah kondisi tampilan normal.
          6. Compositing
          7. Compositing adalah kombinasi dari unsur-unsur visual dari sumber terpisah menjadi gambar tunggal, sering untuk menciptakan ilusi bahwa semua elemen adalah bagian dari adegan yang sama. Penembakan live-action untuk compositing adalah berbagai disebut "chroma key", "blue screen", "layar hijau" dan nama lain. Saat ini, kebanyakan, meskipun tidak semua, compositing dicapai melalui manipulasi gambar digital. Teknik compositing pra-digital, bagaimanapun, kembali sejauh film trik Georges Méliès pada akhir abad ke-19, dan beberapa masih digunakan.

                 5. Tugas Praktikum

                                      Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya,                                   lakukan hal berikut:
  1.                                 1.  Multi Pass Rendering untuk logo, obyek sekunder, background,                                       dan depth
  2.                                 2.  Import masing-masing image sequences ke AE.
  3.                                 3.  Implementasi DOF di AE menggunakan effect Camera Lens                                        Blur

                 6. Petunjuk Praktikum

                                      Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk                                    menyelesaikan tugas praktikum
                              1. setting camera DOF di C4D

                              2. multipass rendering untuk logo, objek sekunder dan depth

                              3. import masing-masing image sequence ke AE

                              4. implementasi DOF di AE dengan camera lens blur

               7. Hasil Praktikum



               8. Kesimpulan

                             Pada praktikum kali ini, cukup sulit. kendala terletak pada saat akan                              mengeblurkan objek sekunder. objek sekunder yag seharusnya                                        blurnya nampak dengan jelas, seperti pada petunjuk, namun hanya                                nampak samar-samar saja. 

               9. Referensi


0 komentar:

Posting Komentar

 
RUN AWAY Blogger Template by Ipietoon Blogger Template